The original coffee by STARBUCKS

December 3rd, 2009 by Ikhsanseptian Leave a reply »

Tanaman kopi pertama datang dari Ujung Afrika. Suku asli yang menggiling ceri kopi bersama, mencampur pasta dengan lemak hewan. lalu, menggelinding ke bola-bola kecil, campuran ini digunakan untuk memberikan energi prajurit untuk berperang.

Selama zaman kuno, kopi merangsang properti itu dianggap semacam ekstase religius. Minuman memperoleh reputasi mistis, terselubung dalam kerahasiaan dan berhubungan dengan para imam dan para dokter. Dua legenda terkenal muncul untuk menjelaskan penemuan kacang ajaib ini.

Menurut satu cerita, seorang gembala kambing memperhatikan kawanan menjadi “friskier” setelah mengkonsumsi ceri kopi merah liar hutan belukar. Penasaran, ia mencicipi buah sendiri. Senang oleh efek menyegarkan, ia melihat berdansa dengan kambing oleh sekelompok biarawan. Segera para biarawan mulai merebus kacang sendiri dan menggunakan cairan untuk tetap terjaga selama malam semua upacara.

Cerita lain adalah bahwa seorang muslim darwis dikutuk oleh musuh-musuhnya untuk berkelana di padang pasir. Dalam kesunyian, orang itu mendengar suatu suara yang menginstruksikan kepadanya untuk memakan buah dari pohon kopi terdekat. Ia mencoba untuk melunakkan biji dalam air, dan saat ini gagal, ia hanya minum cairan. Menafsirkan kelangsungan hidupnya dan energi sebagai tanda Allah, dia kembali ke masyarakat, menyebarkan iman dan resep.

Budidaya kopi dimulai pada abad ke-15. Selama berabad-abad, Yaman Arabia provinsi adalah dunia satu-satunya sumber. Permintaan sangat tinggi, dan kacang-kacangan meninggalkan pelabuhan Yaman Mocha itu sangat dijaga. Tidak ada tanaman subur diizinkan meninggalkan negaranya.

Meskipun pembatasan, peziarah muslim ke Mekkah tanaman kopi diselundupkan kembali ke daerah asal mereka, dan tanaman kopi segera mengambil akar di India.

Kopi juga membuat jalan ke Eropa melalui Venesia, di mana armada diperdagangkan parfum, teh, pewarna dan kain dengan Arab Spice pedagang di sepanjang rute. Banyak pedagang Eropa menjadi terbiasa untuk minum kopi di luar negeri dan membawanya kembali dengan mereka. Minuman populer ketika PKL mulai menjualnya.

Permintaan untuk kopi memastikan bahwa hal itu akan berkembang di luar tanah air aslinya. Pada abad ke-17, Belanda memperkenalkannya ke koloni mereka di Indonesia, dan Perancis adalah yang pertama untuk memulai penanaman itu di Amerika. Hari ini, kopi adalah komoditas kedua yang paling diperdagangkan di planet ini – hanya minyak bumi !

Cita Rasa Kopi Bermutu dari STARBUCK

Starbucks Coffee pertama kali dibuka pada 1971 di Seattle oleh Jerry Baldwin, Zev Siegel, dan Gordon Bowker. Howard Schultz bergabung dengan perusahaan ini pada 1982 dan terinspirasikan oleh bar espresso di Italia, membuka jaringan Il Giornale pada 1985. Beberapa saat setelah pemilik aslinya membeli Peet’s Coffee and Tea, Starbucks dijual pada Howard yang kemudian mengganti nama Il Giornale dengan nama Starbucks pada 1987.

Starbucks pertama di luar Seattle adalah di Vancouver dan Chicago pada 1987 sedangkan cabang pertama di luar Amerika Utara terletak di Tokyo, Jepang yang dibuka pada 1996.Sejak pertama kali dibuka di Seattle, Starbucks tumbuh dengan sangat cepat. Pada tahun 1990-an, Starbucks banyak membuka kedai baru. Pertumbuhan ini terus berlanjut sampai tahun 2000-an. Pada akhir Maret 2008, Starbucks telah memiliki 16.226 kedai, 11.434 diantara berada di Amerika Serikat. Namun pada 1 Juli 2008, Starbucks mengumumkan bahwa mereka akan menutup 600 kedai dan memotong rencana pertumbuhannya di Amerika Serikat, dikarenakan melemahnya kondisi ekonomi. Pada 29 Juli 2008, Starbucks juga memberhentikan 1.000 pegawainya. Penutupan dan pemberhentian kerja ini merupakan akhir dari pertumbuhan pesat Starbucks yang dimulai pada tahun 1990-an.

sumatrapromo_sulawesi

Advertisement

Leave a Reply