Ratusan Situs Flu Babi Bermunculan

April 29th, 2009 by Ikhsanseptian Leave a reply »

Secreenshot swine–flu.com

Jakarta – Tak hanya spammer yang ikut sibuk menyambut fenomena flu babi di dunia, para cybersquatter alias penyerobot nama domain juga langsung bergerak cepat memborong nama domain yang kira-kira bakal berbuah keuntungan.

Tak ayal, ketika isu flu babi (swine flu) ini booming, situs-situs yang nama domainnya memiliki keterkaitan dengan kata ‘swine flu’ seakan serentak menjejali dunia maya.

Jumlahnya tak tanggung-tanggung, dalam beberapa hari sudah di kisaran seratusan nama domain. Diantaranya adalah 360swineflu.com, avoidswineflu.net, beatswineflu.com, bestswinefluprotection.com, fightswineflu.info dan masih banyak lagi.

Ironisnya, situs dengan embel-embel nama flu babi ini sebagian besar masih belum terurus alias tidak ada kontennya. Jika pun sudah memiliki konten, tak sesuai dengan nama domainnya karena malah membahas soal tempat wisata atau hal menyimpang lainnya.

Pun demikian, menurut lembaga keamanan F-Secure yang dikutip detikINET dari Washington Post, Selasa (28/4/2009), situs yang aji mumpung tersebut ada pula yang coba menawarkan kiat-kiat dalam menghalau penyebaran dan pengetahuan dasar perihal flu babi ini.

Salah satunya adalah situs yang beralamat di noswineflu.com. Mereka mencoba menjajakan tips bertajuk ‘Swine Flu Survival Guide dengan banderol US$ 19,95 dalam bentuk file pdf.

Keabsahannya? Entahlah, hal itu masih belum bisa dibuktikan. Sebab, bisa saja hal ini hanya akal-akalan para pihak yang ingin memanfaatkan momentum ketakutan warga dunia terhadap flu babi yang telah merenggut seratusan nyawa tersebut.

Advertisement

Leave a Reply