Flu Babi di Level 4, WHO Tunggu Konfirmasi AS untuk Naik ke Level 5

April 29th, 2009 by Ikhsanseptian Leave a reply »

Jenewa – Saat ini WHO masih menetapkan kasus flu babi jenis baru pada level 4. Untuk menaikkannya menjadi level 5, WHO masih menunggu konfirmasi dari Amerika Serikat (AS) terkait apakah virus itu menular antarmanusia secara signifikan.

“Kami masih menunggu konfirmasi final dari otoritas AS. Tapi tampaknya ada beberapa kasus di New York di mana terjadi penularan dari manusia ke manusia,” ujar jubir WHO Gregory Hartl seperti dikutip Reuters, Selasa (29/4/2009).

WHO menaikkan level penyakit ini dari 3 ke 4 pada Senin lalu. Penularan sekunder dari manusia ke manusia itu dinilai sangat mungkin. “Jika kami telah mendapat konfirmasi dari AS atau Kanada, kita akan naikkan menjadi level 5,” imbuh Hartl.

Level 4 menunjukkan virus memiliki kemampuan penyebaran manusia ke manusia yang bisa berkembang di komunitas. Sedang level 5 berarti virus telah mengglobal dan masuk kategori pandemi (wabah).

Manusia bisa tertular flu babi jenis lama dari babi, tapi biasanya berhenti sampai di situ. Artinya tidak menular ke sesama manusia. Sedangkan flu burung biasanya menular dari satu orang ke orang lainnya, tapi hanya 1 orang itu dan berhenti.

Adapun flu babi jenis H1N1 ini tampaknya lain daripada yang lain. Diprediksi flu ini bisa menyebar secara luas dengan rantai penularan tak terbatas. Hal inilah yang membuat khawatir WHO.

Advertisement

Leave a Reply